Wisata Sampang

By republikwisata 03 Jun 2022, 03:01:19 WIB info sekolah

Tempat wisata di Sampang cukup luas untuk disinggahi, karena sangat beragam dimulai dari wisata alam, anak, dan kulinernya. Sampang adalah salah satu kabupaten Madura yang memiliki banyak jenis objek wisata. Kabupaten ini berada di 100 Km dari Surabaya jika kita mengambil jembatan Suramadu. Sampang memiliki perbatasan langsung dengan Selat Madura di selatan, Bangkalan di barat dan Pamekasan di timur. Sampang adalah daerah tropis, sehingga nyaman bagi wisatawan untuk menikmati objek wisata.

Ada banyak jenis objek wisata di Sampang, seperti pulau mandangin, pantai Camplong, air terjun Toroan dan masih banyak yang lain. Obyek wisata tersebut, menjadi ikon utama Kabupaten Sampang, Madura. Apa saja sih tempat wisata lainnya yang bisa dijelajahi dan menarik untuk dikunjungi? Simak ulasannya di bawah ini!

Sampang dibagi menjadi 14 kabupaten, 6 kecamatan dan 180 desa. Sampang memiliki beberapa destinasi yang layak untuk dikunjungi, pulau, pantai, air terjun dan banyak lagi, di antaranya adalah :

1. Pantai Nepa

Objek  wisata di Sampang Madura yang pertama adalah Pantai Nepa. Pantai ini tidak hanya berupa pasir dan air saja, tapi juga di keliling oleh hutan sehingga dinamakan pantai dan hutan Nepa.

Pantai ini sangat pas untuk renang yang aman, karena ombaknya sedang. Anda juga bisa masuk ke wisata hutan Nepa yang mana monyet-monyet itu bisa Anda ajak bermain. Untuk dapat menikmati tempat wisata Nepa ini para wisatawan harus membayar biaya masuk Rp. 15.000.

2. Air Terjun Toroan

Wisata alam Sampang lainnya yang tidak kalah menakjubkan adalah air terjun Toroan.  Wisata ini sangat eksotis yang sangat menyenangkan kepada wisatawan yang datang berkunjung.

Destinasi Air terjun ini langsung ke laut sehingga membuat airnya ini berbeda dari yang lain. Objek wisata Air terjun toroan terletak di desa Ketapang Power, Kabupaten Ketapang,  sekitar 43 km dari pusat kota.  Bisa menggunakan jalur darat menggunakan transportasi umum.

Air terjun Toroan adalah tempat  liburan di Sampang yang sangat cocok untuk dikunjungi karena tersedia berbagai fasilitas seperti sarana mandi / WC, warung makanan dan minuman, tempat parkir yang memadai serta musholla. Tempat ini sangat ramai saat libur hari raya Idul Fitri,  akhir tahun, akhir pekan dan liburan sekolah.

3. Monumen Sampang

Monumen Sampang adalah titik 0 (nol) dari Sampang. Monumennya terbuat dari logam berwarna kuning gelap berdiri megah dan indah di Gn. Sekar, kabupaten. Jawa Timur. Monumen logam kuning tua Sampang, ini berada di sebelah timur utara Kantor Pos dan Kantor Telkom, dan bagian selatan ada Pegah Sampang Gaji.

Pada sore hari, di sisi barat tugu Sampang terdapat taman bermain untuk anak-anak dan pedagang kaki lima yang berjualan makanan ringan. Tempat ini cocok untuk rekreasi bagi orang tua untuk membawa anak-anak mereka. Jika sore hari monumen ini cocok digunakan sebagai tempat nongkrong di Sampang.

4. Pantai Camplong

Tempat Wisata di Sampang selanjutnya yang terkenal indahnya adalah Pondok dan Pantai Wisata Camplong yang terletak di Desa Dharma Camplong. Wisata Pantai Camplong adalah tempat yang baik untuk menghentikan perjalanan Anda di Pulau Madura melalui jalan selatan.

Destinasi Pantai Camplong dari Ibu Kota Kabupaten sendiri berjarak sekitar 8 km dan itu adalah tempat yang sangat cocok untuk transit atau beristirahat karena letaknya dekat dengan jalan utama ke Kamal-Sumenep.

Pantai Camplong adalah jenis pariwisata yang memiliki banyak fasilitas, baik taman hiburan anak-anak atau akomodasi di depan penginapan / pondok di sepanjang tepi pantai. Jika Anda datang ke Camplong cottage, maka Anda dianjurkan untuk menginap.

5. Pulau Mandangin

Pulau Mandangin adalah tempat hunting di Sampang yang berupa pulau kecil di Kabupaten Sampang. Diyakini bahwa pulau ini adalah semacam pulau pengasingan untuk pasien lepra, dan itu membuat pulau ini menjadi tidak berpenghuni.

Setelah beberapa tahun, pikiran itu tidak lagi dipercaya dan pulau ini menjadi salah satu tujuan populer di Sampang. Mandangin adalah pulau yang indah dan dapat dicapai dengan menggunakan perahu kecil dari kota Sampang selama sekitar setengah jam.

6. Goa Lebar

Gua ini terbentuk secara alami karena proses bumi. Lokasi Goa Lebar ada  di atas bukit atau tepatnya di Rong Tengah, Sampang. Anda dapat mencapai tempat ini dengan sepeda motor atau mobil.

Sementara tiket masuk harganya hanyalah 5000 rupiah. Anda bisa datang di pagi atau sore hari untuk menghindari panasnya matahari. Dari atas bukit Anda dapat menikmati kota Sampang yang begitu indah.

Sayangnya, tidak banyak penjual makanan atau minuman di sekitar tempat wisata. Pastikan  Anda membawa makan atau minuma Anda di sini dan jangan lupa untuk mengantongi sampah Anda kembali. Tetaplah jaga lingkungan tetap bersih.

7. Bukit Jaddih

Tempat wisata Madura yang terkenal adalah Bukit Jaddih. Bukit ini adalah bukit besar yang kaya batu kapur. Luasnya 500 hektar dan terletak di dekat tiga desa: Jaddih, Rabasan, dan Parseh. Batu kapur disusun dengan sempurna, membuatnya sangat fotogenik dan menarik.

Di tengah-tengah bukit hijau yang luas, ada waduk alami, bernama Aeng Goweh Pote yang berarti “The White Cave Water”. Area renang ini sebenarnya, ditinggalkan oleh pertambangan batu kapur.

Lubang kemudian berubah menjadi kolam air alami sebagai air hujan yang dikumpulkan dari waktu ke waktu. Di dekatnya, ada bunker Belanda yang digunakan untuk penyimpanan barang selama Perang Dunia Kedua.

8. Jembatan Suramadu

Infrastruktur megah ini, berdiri tegak dan tinggi dan menjadi jembatan terbesar di seluruh Indonesia, dengan panjang 5.438m dan lebar 30m. Jembatan Suramadu (SURAbaya-MADUra) adalah jalan yang menghubungkan dua kota paling revolusioner dalam hal perdagangan laut, kota Surabaya dan Madura.

Suramadu ini pertama kali secara resmi dibuka untuk penggunaan umum pada 10 Juni 2009. Jembatan ini secara statistik telah meningkatkan Madura dalam banyak hal, terutama dalam hal perdagangan dan ekonomi.

9. Melihat Karapan Banteng

Karapan Banteng adalah acara tradisional tahunan Madura, dan dalam bentuk turnamen balap banteng. Biasanya diadakan pada akhir pekan, mulai Agustus hingga September, idealnya, diadakan sebelum atau sesudah bulan puasa.

Karapan Banteng adalah acara tradisional bagi orang Madura, karena pemilik banteng akan merasa terangkat status sosial jika banteng mereka dapat menjadi juara. Acara ini menjadi acara pesta luar biasa bagi orang Madura.

Acara  ini juga membutuhkan lebih banyak energi, waktu yang lebih banyak dan, tentu saja, lebih banyak uang untuk dibelanjakan. Banteng menjadi investasi terbesar karena bisa menghasilkan emas dan uang. Dengan demikian, pemilik akan lebih perhatian untuk bisa memenangkan banteng mereka dalam lomba ini.

Dari berbagai tempat wisata di Sampang, manakah yang paling menjadi favorit Anda? Pastikan jika datang ke Madura, untuk melihat Karaban Bantengnya, ya.




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment


Principal

Kepala Sekolah
Muhammad Zwahir, S.Pd
Baca Sambutan

Artikel Terpopuler